Sabtu, 08 Desember 2012

Perbedaan AntiVirus dan Internet Security


Perbedaan AntiVirus dan Internet SecurityAntiVirus dan Internet Security, 2 hal yang sering didengar ketika akan memasang sebuah produk sistem pengamanan pada PC, tapi apakah anda sudah mengetahui perbedaan dari dua istilah tersebut ? Berikut akan dibahas tentang AntiVirus dan Internet Security.
AntiVirus, sesuai dengan namanya yang juga secara jelas menyebutkan kegunaan dari produk ini yaitu menangkal dan membasmi virus pada komputer, laptop atau perangkat lain. Digunakan sebagai sistem pengamanan dari virus yang datang dari hardware atau apapun yang sedang terhubung dengan komputer, melakukan scanning terhadap device baru terpasang atau yang baru dimasukkan ke dalam komputer lalu AntiVirus sebagai aplikasi juga menentukan komputer tersebut terinfeksi virus atau tidak. AntiVirus yang dahulu hanya difokuskan terhadap virus sekarang telah mengalami banyak pembaruan seperti dapat melawan spyware, trojan, rootkit dan beberapa bentuk lainnya sehingga komputer pengguna lebih aman.
Perbedaan AntiVirus dan Internet SecurityInternet Security memiliki tugas untuk mengamankan komputer dari ancaman yang masuk lewat koneksi internet seperti misalnya malware melalui skype, spyware, virus yang terkadang dikirim melalui spam email atau link yang akan diakses. Internet security akan memeriksa semua file yang masuk ke komputer yang melewati akses internet menggunakan firewall, sehingga akan meminimalisi bahkan meniadakan ancaman yang masuk ke dalam komputer pengguna.
Kedua hal ini tetap memerlukan update secara rutin agar optimal dalam menghadapi ancaman yang masuk yang mungkin sudah diperbarui. AntiVirus lebih dibutuhkan apabila pengguna jarang menggunakan internet atau mode offline, dan Internet Security untuk yang hampir setiap saat komputer terkoneksi dengan internet. Banyak produk yang menawarkan AntiVirus dan Intenet Security, seperti Kaspersky dan Norton. Tetapi ada juga yang sudah tercakup dalam 1 produk dan banyak juga AntiVirus yang bagus dan gratis.
Perbedaan AntiVirus dan Internet SecurityUntuk hal ini Avira baru saja mengeluarkan AntiVirus terbarunya dan layak untuk dicoba.

1 komentar: